antiseptic

betadine

antiseptic

An antiseptic is a substance that stops or slows down the growth of microorganisms. They’re frequently used in hospitals and other medical settings to reduce the risk of infection during surgery and other procedures. If you’ve ever witnessed any type of surgery, you probably saw the surgeon rubbing their hands and arms with an orange-tinted substance. This is an antiseptic. Different types of antiseptics are used in medical settings. These include hand rubs, hand washes, and skin preparations. Some are also available over the counter (OTC) for home use. Read on to learn more about antiseptics, including how they compare to disinfectants, the different types, and safety information.

 

antiseptic atau germisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa.Antiseptik berbeda dengan antibiotik dan disinfektan, yaitu digunakan untuk membunuh mikroorganisme di dalam tubuh, dan disinfektan digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati. Hal ini disebabkan antiseptik lebih aman diaplikasikan pada jaringan hidup, daripada disinfektan. Penggunaan disinfektan lebih ditujukan pada benda mati, contohnya wastafel atau meja. Namun, yang kuat dan dapat mengiritasi jaringan kemungkinan dapat dialihfungsikan menjadi disinfektan contohnya adalah fenol yang dapat digunakan baik sebagai antiseptik maupun disinfektan. Penggunaan sangat direkomendasikan ketika terjadi epidemi penyakit karena dapat memperlambat penyebaran penyakit.

 

berikut beberapa jenis diantaranya

Alkohol

merupakan cairan yang digunakan sebagai (membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme), untuk membersihkan luka dan pembersih alat-alat medis.

Chlorhexidine

Chlorhexidine adalah obat antiseptik yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah radang gusi (gingivitis). Obat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit pada area luka, area yang akan disuntik, atau area yang akan dioperasi. Selain itu, chlorhexidine bisa digunakan oleh dokter bedah untuk membersihkan tangannya sebelum melakukan operasi.Chlorhexidine bekerja dengan cara membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Betadine

Iodophor merupakan desinfektan yang termasuk golongan halogen. Bahan ini merupakan sintetis dari yodium dan zat organis yang memiliki kemampuan mikrosidal. Desinfektan ini cocok untuk mengatasi semua bakteri gram positif maupun gram negatif, virus dan jamur.

Peroksigen

Peroksigen adalah antiseptik yang umum, biasa digunakan untuk membersihkan luka dan mendisinfeksi kulit. Bisa digunakan sebagai obat kumur

Fenol

digunakan terutama sebagai antiseptik kulit dan bisa ditemukan dalam sabun dan scrub obat.

Senyawa Quaterner

adalah sekelompok bahan kimia yang biasa digunakan untuk mensterilkan kulit sebelum operasi

sumber wikipedia